Total: Rp0
Share This :

Prima AC Kediri – Air conditioner (AC) merupakan salah satu fitur yang wajib dan harus tersedia di mobil agar pengemudi menjadi nyaman saat berkendara. Salah satu hal yang menjadi komponen penting dari instalasi pendingin udara atau AC di mobil adalah kompresor AC. Fungsi kompresor sendiri adalah untuk sirkulasi freon ke seluruh sistem AC dengan cara menaikkan tekanan freon. Meskipun kompresor bukan satu-satunya komponen yang penting. Namun dengan memperhatikan serta rutin mengganti oli kompresor ac dapat terhindar dari bunyi aneh. Fungsi kompresor yang baik tersebut didukung dengan adanya oli khusus yang berfungsi sebagai pelumas sehingga kompresor bisa berfungsi dengan baik yaitu oli kompresor.

Seberapa pentingkah Oli Kompresor ?

Oli pada kompresor sangatlah penting sebagai pelumas untuk kompresor ac sehingga pada bagian kompresor jauh dari kerusakan. Selain itu, oli kompresor juga berfungsi untuk meredam bunyi atau suara keras pada saat mobil dikendarai. Maka dari itu, apabila Anda mendengar suara aneh dari mobil anda bisa jadi itu pertanda kalau ada yang tidak beres di bagian kompresornya. Maka dari itu, segera cek bagian kompresor mobil Anda.

Bagaimanakah cara mengisi oli kompresor yang benar ?

Kompresor AC membutuhkan oli untuk menjaga fungsinya tetap maksimal serta terhindar dari risiko aus dan kerusakan lain. Secara berkala, oli kompresor harus dicek untuk mengetahui kuantitas serta kualitasnya. Kalau memang oli sudah buruk, maka perlu dikosongkan dan diisi dengan yang baru. Seringkali kelebihan oli bisa menjadi penyebab ac mobil bau. Di sisi lain, jika jumlah oli sudah sedikit atau bahkan habis, maka perlu diisi ulang.

Bagaimana cara mengganti oli kompresor ?

Penting diketahui bahwa mengganti dan mengisi oli kompresor AC mobil adalah dua hal berbeda. Jika mengganti, maka Anda perlu menukar oli kompresor lama dengan oli yang baru. Sedangkan, menambah berarti pengisian kembali dalam takaran tertentu. 

Proses mengganti akan jauh lebih rumit daripada mengisi, sebab proses ini membutuhkan beberapa alat bantu yang biasanya hanya tersedia di bengkel mobil. Di samping itu, menguras oli juga biasanya hanya dilakukan oleh montir, petugas bengkel, atau orang yang memang sudah profesional. Jadi kami tidak menyarankan Anda untuk melakukan hal ini sendiri karena kami khawatir akan terjadi kesalahan atau kerusakan komponen mobil. Oleh sebab itu, hal ini pun hanya bisa dilakukan di bengkel. Proses mengganti oli di bengkel biasanya sebagai berikut:

  1. Mengosongkan freon AC dengan cara mengangkatnya, lalu dipindahkan ke tempat yang aman. 
  2. Membuka bagian kompresor AC lalu mengosongkannya. Caranya dengan membalikkan atau memutar bagian oli kompresor guna menumpahkan isinya. 
  3. Mengganti oli baru dengan cara mengisinya melalui lubang saluran tekanan terendah yang terdapat pada kompresor. 

​​​Bagaimana cara Mengganti Oli Kompresor ?

Apabila ​​​​oli kompresor mobil Anda kualitasnya masih baik, yang berkurang hanya jumlahnya saja maka kami sarankan untuk segera melakukan pengisian ulang oli kompresor. Cara mengisi oli kompresor AC mobil bisa dengan tiga cara, yaitu melalui lubang inlet, manifold gauge, dan menggunakan alat recovery. 

  1. Melalui lubang inlet. Cara mengisi oli kompresor AC mobil melalui lubang inlet adalah dengan memasukkan cairan pelumas melalui saluran tekanan rendah. Takaran pengisian oli baru biasanya tergantung pada ukuran kompresor.
  2. Melalui manifold gauge. Cara mengisi oli kompresor AC mobil melalui manifold gauge diawali dengan memastikan proses vacuum telah selesai. Jika sudah, tutup kran manifold gauge dan buka bagian selangnya untuk memasukkan oli kompresor. Isi secukupnya sesuai dengan ukuran dari kompresor AC mobil. Setelah prosesnya selesai, tutup kembali selang dengan rapat untuk mencegah masuknya debu dan kotoran dari luar.  
  3. Menggunakan alat recovery. Siapkan alat recovery atau alat AC R3. Letakkan oli pada bagian tabung kompresor. Alat ini secara otomatis akan mengisap oli tersebut untuk masuk ke bagian kompresor AC mobil. Karena sudah otomatis, maka sambil menunggu oli terisap masuk, Anda bisa melakukan hal lain. Namun, untuk menghindari oli mubazir terbuang karena luber, siapkan takaran yang pas untuk kompresor AC Anda.

Kami sarankan untuk melakukan perawatan oli kompresor dan servis rutin setiap 20.000 KM. Cara mengisi oli kompresor AC mobil terlihat mudah dilakukan akan tetapi hal ini membutuhkan pengetahuan dan pengalaman yang cukup. Kalau Anda benar-benar kurang memahami hal pengisian oli kompresor ini dan bahkan tidak terlalu paham mengenai komponen mobil, kami sarankan Anda lebih baik memercayakan penggantian oli kompresor ini ke bengkel resmi kami PRIMA AC KEDIRI karena mekanik kami yang handal dan berpengalaman. Bengkel terpercaya di Kediri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *