🔧 PENYEBAB PISTON MOBIL OBLAK ini dia penyebabnya
Piston adalah salah satu komponen utama dalam mesin pembakaran dalam (internal combustion engine). Fungsinya adalah menerima tekanan dari pembakaran bahan bakar untuk menggerakkan poros engkol (crankshaft). Piston bergerak naik-turun di dalam silinder. Jika piston mengalami oblak (longgar atau tidak stabil), maka dapat menyebabkan kerusakan serius pada mesin.
🚨 Apa itu piston oblak?
Piston oblak artinya piston tidak lagi bergerak secara stabil di dalam silinder. Gerakannya menjadi goyang ke samping atau tidak sesuai jalurnya.
segera lakukan pengecekan pada bengkel resmi kami :
MRICAN Jl. Sersan Bahrun No.27, Dermo, Kec. Mojoroto, Kabupaten Kediri, Jawa Timur 64111
KATANG Jl. Erlangga No.86, Katang, Sukorejo, Kec. Ngasem, Kabupaten Kediri, Jawa Timur 64182
MALANG Jl. Terusan Wisnu Wardana No.25, Keduyo, Mangliawan, Kec. Pakis, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65139
TEPUS Jl. Soekarno Hatta No.57, Tepus, Sukorejo, Kec. Ngasem, Kabupaten Kediri, Jawa Timur 64182
⚙️ PENYEBAB PISTON OBLAK SECARA DETAIL
1. Keausan pada Pin Piston (Wrist Pin) dan Connecting Rod
- Pin piston adalah batang baja kecil yang menghubungkan piston dengan batang penghubung (connecting rod).
- Di ujung connecting rod terdapat bushing (pelapis logam) sebagai dudukan pin.
- Jika bushing atau pin piston mengalami keausan akibat gesekan, maka sambungan ini akan longgar.
- Akibatnya, piston bisa bergerak tidak stabil dan menjadi oblak.
2. Lubang Pin Piston Aus
- Lubang tempat pin piston menempel di badan piston bisa aus karena gesekan dan pelumasan yang buruk.
- Jika lubang ini membesar, maka pin piston akan longgar di dudukannya.
- Piston akan bergetar atau bergerak ke kiri-kanan, dan ini menyebabkan oblak.
3. Connecting Rod Bengkok atau Longgar
- Batang penghubung antara piston dan poros engkol bisa bengkok karena benturan atau mesin overheat.
- Jika bengkok, piston tidak lagi bergerak tegak lurus dalam silinder.
- Hal ini menyebabkan piston bergoyang dan jadi oblak.
- Selain itu, jika sambungan baut connecting rod longgar, piston juga bisa kehilangan stabilitas.
4. Piston Skirt (Bagian Rok Piston) Aus
- Skirt adalah bagian bawah piston yang membantu menstabilkan gerak piston di dalam silinder.
- Jika skirt aus karena gesekan atau kualitas oli buruk, maka piston bisa miring saat bergerak.
- Ini menimbulkan suara ketukan (piston slap) dan piston menjadi oblak.
5. Silinder Mesin Aus atau Tidak Bulat (Out of Round)
- Silinder tempat piston bergerak bisa mengalami keausan seiring usia pemakaian.
- Bisa juga bentuknya berubah dari bulat menjadi oval akibat panas berlebih atau keausan tidak merata.
- Akibatnya, piston tidak lagi pas dalam silinder dan menjadi oblak saat bekerja.
6. Pelumasan Mesin yang Buruk
- Oli mesin berfungsi melumasi semua bagian yang bergerak, termasuk piston, pin, dan silinder.
- Jika oli kurang, kualitasnya jelek, atau tidak diganti secara berkala, maka komponen akan cepat aus.
- Keausan ini memicu piston menjadi longgar alias oblak.
7. Overheating Mesin
- Suhu mesin yang terlalu panas (overheat) bisa menyebabkan pemuaian logam yang berlebihan.
- Piston bisa memuai tidak merata atau bahkan berubah bentuk.
- Bila piston berubah bentuk, maka jaraknya terhadap dinding silinder bisa tidak sesuai, menyebabkan piston menjadi oblak.
⚠️ GEJALA PISTON OBLAK
Jika piston sudah mulai oblak, biasanya akan muncul tanda-tanda berikut:
- Suara ketukan dari mesin (biasanya terdengar seperti logam beradu, disebut piston slap).
- Getaran mesin meningkat, terutama saat RPM rendah.
- Performa mesin menurun, tarikan berat atau tidak bertenaga.
- Oli cepat berkurang, karena bocor atau terbakar di ruang bakar.
- Asap knalpot berwarna biru, tanda oli ikut terbakar.
- Mesin lebih cepat panas.
🔧 SOLUSI
Untuk memperbaiki piston oblak, biasanya dilakukan salah satu dari beberapa tindakan berikut:
- Penggantian piston, pin, dan bushing connecting rod
- Oversize silinder dan mengganti piston sesuai ukuran baru
- Rekondisi atau ganti connecting rod
- Overhaul total mesin jika kerusakan sudah menyebar ke komponen lain
segera lakukan pengecekan pada bengkel resmi kami :
MRICAN Jl. Sersan Bahrun No.27, Dermo, Kec. Mojoroto, Kabupaten Kediri, Jawa Timur 64111
KATANG Jl. Erlangga No.86, Katang, Sukorejo, Kec. Ngasem, Kabupaten Kediri, Jawa Timur 64182
MALANG Jl. Terusan Wisnu Wardana No.25, Keduyo, Mangliawan, Kec. Pakis, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65139
TEPUS Jl. Soekarno Hatta No.57, Tepus, Sukorejo, Kec. Ngasem, Kabupaten Kediri, Jawa Timur 64182